Penerbit Buku Kesehatan Bermutu

Tentang kami

Pustaka Rihama merupakan sebuah penerbit yang mengkhususkan diri di bidang Kesehatan. Kami berusaha menerbitkan buku-buku kesehatan yang bermutu insya Allah untuk membantu masyarakat memahami tentang kesehatan terutama para akademisi.

Kontak Layanan

Alamat : Jl Parangtritis KM 6, Dagaran, Bangunharjo, Sewon, Bantul. Telp. : (0274) 7886900, (0274) 2612007, 081229468900, 081931180900, 085742382000. E-mail : cv.rihama@gmail.com.

Tentang Rohima Press

Anda dapat berkunjung di penerbit Rohima Press, yang masih dalam satu manajemen dengan penerbit Pustaka Rihama

Silahkan klik disini untuk berkunjung di Rohima Press

Mengembangkukuhkan Karakter Makna di Balik Penyusunan Skripsi

Penanaman pendidikan karakter seyogyanya secara maksimal dilakukan sejak anak pada usia dini. Usia dini dikatakan oleh para pendidik sebagai usia emas, usia yang paling berharga sebagai dasar untuk menanamkan nilai-nilai hidup dan kehidupan. Nilai-nilai kehidupan yang akan mendasari karakter anak dapat ditularkan melalui keteladanan, petunjuk, arahan dan bimbingan dari orang tua, atau siapapun yang lebih dewasa dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga dan komunitasnya. 
Mahasiswa adalah insan dewasa, dengan kesadaran yang tinggi selalu berusaha mengembangkan potensi yang dimiliki dalam rangka untuk lebih mampu memenuhi kebutuhan dan tuntutan hidup dan kehidupan pada jamannya. Materi kuliah yang ditetapkan setiap program studi lebih ditekankan pada pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, atau terfokus dalam pengembangan kecerdasan intelektual (hard skills). Mahasiswa sebagai insan dewasa diasumsikan pada dirinya telah tertanam nilai-nilai karakter yang baik dan benar selama proses pendewasaan di sekolah sebelumnya.
Pengalaman sebagai Dosen Pembimbing Skripsi penulis tergoda untuk mencoba menelusuri hakekat penulisan karya tulis ilmiah yang disusun oleh mahasiswa dalam tugas akhirnya. Karya tulis ilmiah dalam bentuk skripsi, tesis maupun disertasi pada hakekatnya memiliki nafas yang sama, hanya berbeda dalam tujuan penelitian yang diharapkan.
Selama proses pembimbingan proposal penelitian dalam rangka penulisan skripsi penulis mendapatkan pengalaman yang sama, dan diakui kebenarannya oleh mahasiswa. Pengalaman seperti seorang peramal sifat atau karakter mahasiswa. Pengalaman tersebut seperti ungkapan-ungkapan, antara lain:
1) Kamu royal ya, kalau sedang banyak uang ?
2) Kamu sering melakukan tindakan pilih kasih ya ?
3) Dalam aktivitas sehari-hari asal jalan tanpa rencana ya ?
4) Kamu sering berbohong ya pada orang lain ?
5) Kamu sering tidak satu kata dengan perbuatan ?
Pertanyaan-pertanyaan tersebut selalu di benarkan oleh mahasiswa, bahkan mahasiswa balik bertanya: “Bapak tahu aja sih ?” 
Berpijak dari peristiwa yang berulang terjadi, dan selalu ada kesamaan-kesamaan jawaban dari mahasiswa, membuat ingin tahu lebih banyak dan mendalami tentang ada apa sebenarnya makna di balik penyusunan skripsi. Hasil penelusuran dan pendalaman akan makna yang terkandung dalam proses pembimbingan penulisan skripsi, selanjunya dituangkan dalam buku ini.
Dalam buku ini diurai dari latar belakang hingga pembahasan terkait dengan proses mengembangkukuhkan karakter yang sudah melekat pada diri mahasiswa selama proses pembimbingan skripsi. Dengan harapan, mahasiswa setelah lulus akan menjadi sosok yang berkarakter sebagai dasar untuk menghantar kesuksesan dalam menggapai cita-citanya kelak di kemudian hari. Bagi para Dosen Pembimbing Skripsi, setelah membaca buku ini diharapkan akan lebih merasa memiliki tanggung jawab moral selama membimbing hingga pelaksanaan ujian skripsi.
Semoga buku ini bermanfaat, dan akan menjadikan penulisan skripsi sebagai momentum yang baik dalam rangka mengembangkukuhkan karakter para intelektual muda bangsa ini.

Categories: